HIPSI
Home » Berita » Artikel » 5 Alasan Kenapa Anda Harus Fokus Pada Kompetensi Utama Bisnis Anda

5 Alasan Kenapa Anda Harus Fokus Pada Kompetensi Utama Bisnis Anda

Oct
29
2014
by : ghozali . Posted in : Artikel

fokus-bisnis

Sudah tahukah Anda apa fokus utama kompetensi bisnis Anda? Setiap pengusaha tentu harus mampu menjawab pertanyaan ini dengan satu kalimat ringkas. Jika Anda belum bisa menjawab, maka temukanlah!

 

Tak peduli berapa banyak produk atau jasa yang Anda tawarkan, sebagai pengusaha Anda perlu memiliki SPESIALISASI UTAMA dalam berbisnis. Anda pun harus mengetahui apa kompetensi utama kompetitor Anda.

 

Mungkin Anda seorang organizer profesional yang spesialisasinya bergerak pada bidang keluarga, atau Anda berbisnis katering khusus pernikahan, mungkin pula Anda mempunyai bengkel dan garasi yang dikenal sebagai ‘tempat dan pawangnya’ mobil tua.

 

Sebagai pebisnis yang penuh energi dan ambisisus, banyak yang berpikir bahwa mereka harus menyenangkan setiap pelanggan (tanpa terkecuali). Terlepas dari apakah kebutuhan mereka sesuai dengan kompetensi utama bisnisnya ataupun tidak.

 

Menetapkan kompetensi utama dan setia padanya adalah strategi pemasaran mendasar yang tidak akan membatasi bisnis Anda tetapi justru akan membuatnya lebih kuat.

 

Berikut adalah beberapa alasan mengapa Anda harus fokus pada satu bidang keahlian:

 

Akan lebih mudah untuk mempromosikan bisnis Anda.
Ketika Anda fokus pada kompetensi utama Anda, Anda akan dapat membagikan ilmu dan pengalaman yang Anda punya lebih jelas, berkesan dan tentu dalam waktu yang lebih cepat. “Saya adalah seorang wedding organizer” akan terdengar jauh lebih ‘terpercaya’ dibandingkan dengan “Saya adalah seorang event organizer”. Sama halnya ketika Anda sakit. Saat Anda tahu jenis sakit Anda secara pasti, tentu Anda akan memilih dokter spesialis yang ahli pada penyakit yang Anda derita dibandingkan dengan berobat kepada dokter umum. Komunikasi yang Anda lakukan secara lisan maupun tulisan juga akan terasa mengalir, Anda akan dengan mudah berkomunikasi tentang apa yang Anda lakukan secara jelas dan singkat yang tentunya akan menghadirkan banyak apresiasi dari pendengar/pembaca tulisan Anda.

 

Akan lebih mudah untuk mencapaistatus AHLI.
SemakinAnda fokus padakompetensiutama Anda, Anda akan memiliki pengetahuan yang mendalam (spesifik). Misalnya, Andaseorang mekanik dan memperbaiki mobil tua adalah keahlian Anda, tentu Anda akan banyak bekerja pada mobil tua, berkomunikasi dengan para pemiliknya, dan Anda akan mencari referensi lebih banyak tentang mobil tua dibandingkan kebanyakan mekanik yang tidak fokus pada satu bidang keahlian tersebut. Dengan cepat, Anda akan lebih banyak pengalaman dan lebih luas pengetahuannya sehingga status sebagai ahli akan jauh lebih mudah Anda dapatkan dibandingkan Anda menggeluti profesi Anda secara umum.

 

Anda akan lebih mudah ditemukan konsumen.
Ketika Anda fokus dan menjadi ahli dalam sesuatu, maka konsumen yang sesuai dengan segmentasi pasar Anda akan mudah menemukan Anda. Keyakinan pelanggan untuk mendapatkan produk/jasa spesialis dari Anda akan mudah terbangun dibandingkan ketika Anda tidak fokus pada satu keahlian tertentu.

 

Akan lebih mudahuntuk mengenalipelanggan Anda.
Bayangkan Anda memiliki sebuah toko buku, kemudian bayangkan pula bahwa satu-satunya jenis buku yang Anda jual di toko Anda adalah novel misteri. Jelas, pelanggan Anda adalah penggemar novel misteri bukan? Anda akan bertemu dan berbicara dengan pecinta novel misteri lebih intens. Dalam proses interaksi tersebut, Anda akan mendapatkan lebih banyak pengetahuan tentang banyak hal, Anda akan mempelajari mengapa mereka senang bertingkah seperti yang ada dalam novel misteri, buku yang manakah dari buku yang Anda jual yang paling mereka sukai dan tidak disukai, dan berbagai alasan kenapa mereka mau menjadi pelanggan Anda. Tentunya, Anda akan dapat melayani kebutuhan mereka lebih baik daripada toko buku lain yang menjadi kompetitor Anda. Pemahaman yang mendalam ini akan sangat sulit bahkan mustahil dicapai jika toko Anda menjual buku dari setiap genre (umum).

 

Akan lebih mudahuntuk menunjukkan kepribadiandalam bisnis Anda.
Karena Anda memahami pelanggan Anda dengan baik, Anda akan tahu bagaimana caranya berkomunikasi yang baik dan efektif kepada target pasar dan pelanggan Anda. Walaupun Anda berkomunikasi melalui media seperti website, brosur ataupun media lain yang Anda pilih, Anda akan paham gaya bahasa yang coock dengan pelanggan Anda. Lelucon yang dilemparkan pun akan membuat ikatan emosional yang baik sehingga mereka akan dengan mudah memilih Anda dalam persaingan.

 

Fokus pada kompetensi utama adalah cara yang ampuh untuk membangun kesuksesan bisnis Anda. Cobalah untuk melakukan penolakan halus, ketika konsumen meminta Anda bergerak diluar jalur fokus utama Anda. Edukasi pasar Anda sehingga mereka mengenal Anda sebagai AHLI PADA SUATU BIDANG TERTENTU.

 

Namun, bukan berarti Anda tidak boleh melakukan usaha diluar kompetensi utama Anda. Jika Anda telah merasa kuat dengan kompetensi utama yang Anda bangun, penawaran dan pelayanan tambahan akan bagus untuk mengembangkan bisnis Anda. Dalam hal ini, Anda harus benar-benar merencanakan secara strategis dan menjalankannya secara tekun selayaknya seorang profesional. (yukbisnis)

 

hipsi@point336x180

Leave a Reply

You must be logged in to post a comment.

HIPSI
Ruko Tapaan Business Center
Jl. Ir Juanda Km 1 Pasuruan, Jatim
Phone 0343-7781083 / 085850313882
Copyright © 2013
Clean
Last scanned on:
2015-01-19 02:40:27
UA-39409742-1