HIPSI
Home » Berita » Mendorong Pertumbuhan Digital Entrepreneur Indonesia Lewat Ideabox

Mendorong Pertumbuhan Digital Entrepreneur Indonesia Lewat Ideabox

Oct
29
2014
by : ghozali . Posted in : Berita

idea

Jakarta – Industri kreatif Indonesia, khususnya bidang teknologi informasi memiliki peluang untuk berkembang lebih besar lagi. Indonesia memiliki sejumlah potensi seperti jumlah demografi penduduk yang besar, akses internet yang semakin mudah dan murah serta penetrasi yang cukup tinggi.

 

Jalan bagi digipreneur lokal untuk mengembangkan startup bisnisnya begitu terbuka lebar. Ditambah, minat, kreativitas, inovasi anak-anak Indonesia sebagai digipreneur juga boleh diacungi jempol. Namun demikian, para digipreneur muda di Indonesia masih memerlukan dukungan besar untuk memantapkan visi, konsep dan model bisnis, koneksi dan ketajaman membidik pasar. Tujuannya agar mereka lebih mantap dan kuat untuk berkembang.

 

Mendorong perkembangan digipreneur muda Indonesia, Indosat menghadirkan Ideabox, sebuah inkubator dan akselerator startup karya digipreneur. Melalui wadah ini, startup karya digipreneur muda Indonesia digodok dari segi visi, konsep dan model bisnis, struktur bisnis, koneksi komersial hingga pendanaan.

 

“Kami mulai di tahun 2013 dan fokus mengembangkan startup karya digipreneur dari tahap bibit (seed). Selama 4 bulan mereka kita gojlog untuk memastikan startup mereka berkembang mantap, valuable, diterima netizen dengan baik dan memperoleh valuasi yang baik juga” ujar Carlos Karo Karo, Deputy Head e-Commerce Indosat.

 

Untuk memilih startup-startup yang dapat mengikuti program inkubasi dan akselerasinya Ideabox secara rutin melakukan roadshow di beberapa kota besar seperti Jakarta, Bandung, Surabaya, Medan dan Bali. Roadshow untuk putaran pertama pada tahun 2013 telah sukses menelurkan startup-startup terbaik. Sementara putaran kedua baru diselenggarakan pada periode April-Agustus 2014 lalu.

 

“Tiga tahun terakhir minat di bidang digipreneurship di Indonesia ini sangat besar dan datangnya bukan dari orang-orang yang merupakan penggiat IT saja. Usianya pun sangat beragam mulai dari murid sekolah menengah, mahasiswa hingga first jobber. dapat dikatakan sektor digipreneurship ini cukup potensial apalagi jika didukung oleh perusahaan besar seperti Indosat,” ujar Carlos.

 

Carlos juga menjelaskan Hampir 230 aplikasi dan platform digital ikut serta dalam seleksi putaran kedua Ideabox. Mungkin ini juga didorong oleh kesuksesan Kaskus, Koprol dan Tokopedia yang baru saja terima funding dari Softbank.

 

Sebelum menyerahkan proposal dan konsep startup mereka para digipreneur dari kota-kota tersebut diharuskan melakukan registrasi secara online. Kemudian proposal dan konsep startup mereka tersebut akan dikaji dan diseleksi. Para digipreneur yang lolos tahap seleksi dapat mengikuti program boothcamp akselerasi di Ideabox selama kurun waktu 4 bulan.

 

Bekerja sama dengan Mountain Partners SEA, inkubator bisnis asal Jerman yang telah menelurkan 200 startup di seluruh dunia, Ideabox menyusun kurikulum akselerasi yang interaktif dan inovatif. Selama boothcamp, digipreneur muda Indonesia akan berkompetisi mempresentasikan startup terbaik sambil dimentori oleh lebih dari 30 praktisi lokal maupun internasional di bidang digipreneurship.

 

“Selain dibekali pengetahuan langsung oleh orang-orang yang telah sukses di bidang digipreneur, mereka punya kesempatan untuk membangun koneksi dan jaringan pertemanan dengan sesama founder digipreneur. Ini menjadi akses mereka ke industri digital,” lanjut Carlos.

 

Meluluskan Startup Berkonsep Inovatif
Sejumlah startup kreatif dan inovatif yang diluluskan oleh Ideabox pada putaran pertama telah sukses berkembang menjadi bisnis menjanjikan dan merebut hati netizen. Sebut saja Dealoka.com dan Ngomik yang berhasil memperoleh suntikan dana dari investor asing, Shoop! yang kini digandeng Indosat sebagai platform e-commerce Cipika Store, serta Unyu aplikasi pesan singkat yang juga telah memperoleh sambutan baik dari netizen.

 

Satu hal yang membedakan Ideabox dari inkubator bisnis lainnya, adalah dukungan yang diberikan bagi startup lulusan program akselerasinya. Startup jebolan Ideabox akan diprioritaskan untuk menjadi partner bisnis Indosat, memperoleh sokongan dana Softbank dan juga berkesempatan memperluas jangkauan usahanya ke semua negara tempat Ooredoo Group, induk usaha Indosat, beroperasi. Terutama di Asia dan Timur Tengah.

 

Tahun ini Ideabox siap memperkenalkan 7 startup lulusan terbaiknya yang terdiri aplikasi dan platform online lainnya dengan konsep inovatif dan kreatif. Startup tersebut antara lain adalah Imbalan, Wobe, Indojek, Pawon, Gogonesia dan Wifimu. “Mudah-mudahan Ideabox dan Indosat dapat terus memberi value bagi generasi muda terutama digipreneur dalam membangun bisnis,” tutup Carlos Karo Karo. (sumber : detik)

 

hipsi@point336x180

Leave a Reply

You must be logged in to post a comment.

HIPSI
Ruko Tapaan Business Center
Jl. Ir Juanda Km 1 Pasuruan, Jatim
Phone 0343-7781083 / 085850313882
Copyright © 2013
Clean
Last scanned on:
2015-01-19 02:40:27
UA-39409742-1