Home » Berita » MUBES #KaumMudaNU 2-3 Agustus 2015

MUBES #KaumMudaNU 2-3 Agustus 2015

Jul
01
2015
by : ghozali . Posted in : Berita

Kamu NU_page23_image4

Sebagai bentuk partisipasi dan komitmen Kaum Muda Nahdlatul Ulama yang tersebar di berbagai profesi, keahlian, komunitas dan konsentrasi keilmuan, akan digelar Musyawarah Besar Kaum Muda Nahdlatul Ulama sebagai rangkaian dan Side Event Muktamar ke-33 Nahdlatul Ulama di Jombang, 1-5 Agustus 2015 mendatang

Musyawarah Besar ini merupakan inisiatif bersama beberapa individu dan kader Nahdlatul Ulama untuk memberikan kontribusi kepada Jam’iyyah Nahdlatul Ulama dan diharapkan dapat diselenggarakan bersama oleh berbagai komunitas dan organisasi Kaum Muda Nahdlatul Ulama, baik yang struktural maupun yang bersifat kultural.2

Musyawarah Besar Kaum Muda Nahdlatul Ulama diselenggarakan dengan dasar pemikiran, bahwa Tema Besar yang diusung Muktamar ke-33 NU cukup menantang: “Meneguhkan Islam Nusantara untuk Peradaban Indonesia dan Dunia”. Islam Nusantara diposisikan sebagai titik berangkat dalam rangkaian ikhtiar jam’iyyah mewujudkan nilai kemanusiaan, kesejahteraan bersama dan perdamaian dunia. Islam Nusantara tak lain, tak bukan adalah buah dari penanaman substansi ajaran Islam yang Lembut dan Moderat (al-Hanifiyyah as-Samhah)

Rahmatan Lil Alamin di bumi kebudayaan dan kearifan lokal nusantara, yang hingga kini terus berkembang menjadi satu dengan kebudayaan Nusantara yang Bhinneka Tunggal Ika. Nahdlatul Ulama menjadi entitas sosial-keagamaan yang paling signifikan menyemai dan merawat pembumian Islam, sehingga Islam lebih hadir sebagai panduan dan spirit kehidupan di tengah realitas kehidupan dan keanekaragaman yang terus bergulir, di level lokal, nasional hingga global.

9

Keberadaan Kaum Muda di Nahdlatul Ulama, menjadi sangat strategis, bukan hanya karena kuantitas dan sebarannya, juga karena di tangan kaum mudalah masa depan bangsa dan jam’iyyah dipertaruhkan. Kaum muda, menjadi ‘pemain tengah’ yang akan menentukan pola dan hasil akhir pertandingan.Syubbanul Yaum, Rijalul Ghadd. Kaum Muda Hari Ini, Akan Menjadi Pemimpin di Masa Depan. Kepada kaum muda, dimandatkan keberlangsungan nilai luhur warisan pendahulu. Itu artinya, Kaum muda harus bisa melakukan transformasi dan kontekstualisasi nilai, menemukan cara baru dalam menjaga keberlangsungan nilai di era yang baru pula.

Berkumpulnya kaum muda NU untuk menyepakati problem bersama yang dihadapi, mengukur kapasitas dan potensi, serta merumuskan tantangan dan cara menghadapinya menjadi sangat penting, khususnya bagi Nahdlatul Ulama.

13

Melalui Musyawarah Besar Kaum Muda NU ini, akan dipertemukan Kaum Muda Nahdlatul Ulama, untuk membahas dan membincang berbagai tantangan yang dihadapi Nahdlatul Ulama saat iniserta yang akan dihadapi di masa akan datang, merumuskan strategi dan action plan bersama sesuai dengan kekuatan dan potensi yang dimiliki Kaum Muda NU. Mubes akan digelar pada 2-3 Agustus 2015 di Arena Muktamar, tepatnya di STIKES Bahrul Ulum, Tambakberas, Jombang.

15

17

hipsi@point336x180

Leave a Reply

You must be logged in to post a comment.

HIPSI
Ruko Tapaan Business Center
Jl. Ir Juanda Km 1 Pasuruan, Jatim
Phone 0343-7781083 / 085850313882
Copyright © 2013
Clean
Last scanned on:
2015-01-19 02:40:27
UA-39409742-1