HIPSI
Home » Kolom Pembina HIPSI » PESANTREN ENTREPRENEUR IT HIPSI

PESANTREN ENTREPRENEUR IT HIPSI

Nov
03
2014
by : ghozali . Posted in : Kolom Pembina HIPSI

PesantrenEntrepreneur IT

Alhamdulillah HIPSI telah berhasil membuat pilot project Pesantren Entrepreneur berbasis Agro di lahan 9 Ha di Junrejo Batu kerjasama dengan UIN Mlg,  BPTP dan BLK Agro Singosari serta Mandiri Pusat, maka untuk 2015 nanti bertekad membangun 20 titik Pesantren Entrepreneur di 10 kabupaten Se-Indonesia. Pesantren Entrepreneur ini berbeda-beda masing-masing daerah menyesuaikan potensi daerah tsb, ada yang berbasis Agro, IT (internet Online), Kuliner, Ketrampilan, Jasa/Trading, dll.

Alhamdulillah lewat pengusaha santri yang tergabung di HIPSI cukup banyak yag rela berjuang tenaga, pikiran termasuk pembiayaan untuk mewujudkan pusat pelatihan bagi lulusan pesantren ini, diantaranya sudah ada 2 pengusaha yang mewakafkan tanah di Pontianak (Luas 1 Ha + Muslolla + bangunan) dan di Bandung untuk pendirian pesantren yang berbasis Entrepreneur.

 

PESANTREN ENTREPRENEUR IT HIPSI

BACKGROUND

Indonesia sebagai salah satu negara berkembang dengan tingkat ekonomi yang cukup baik dengan anugerah “Surplus Demografi” mestinya bisa menjadi salah satu negara maju berikutnya. Tahun 2015 dengan berlakunya AFTA maka mau tidak mau daya saing bangsa harus didongkrak ke level yang tertinggi mengingat negara-negara tetangga di Asia telah mempersiapkannya dengan cukup matang. Maka tentunya dengan Sumber Daya Alam dan Manusia yang melimpah maka seharusnya mampu mengolah dan mensinergikan potensi yang ada menjadi sumber kekuatan baru. Pemanfaatan teknologi menjadi salah satu kunci untuk memaksimalkan Sumber Daya yang ada, pun teknologi bisa menjadi sumber untuk mengakselarasi pertumbuhan ekonomi negara.

 

KERISAUAN

 

Ratusan ribu lulusan pesantren yang dihasilkan setiap tahun  rata-rata kurang memiliki bekal keahlian yang dapat digunakan untuk menghadai tantangan persaingan global khususnya dibidang Informasi dan Teknologi,

Banyaknya produk-produk unggulan yang dihasilkan oleh para pengusaha santri belum mendapatkan sentuhan IT untuk dipromosikan secara online.

Kurangnya situs media dakwah islam yang berbasis ahlussunnah NU

SOLUSI

Dari permasalahan diatas maka Himpunan Pengusaha Santri Indonesia berinisiatif mendirikan Pesantren Entrepreneur di Bidang IT dan Media Online yang bertujuan untuk mendidik dan melatih para santri agar memiliki keahlian dibidang IT khususnya pemasaran online atau internet marketing, setelah lulus dari Pesantren Entrepreneur IT dan Media Online para santri bisa membantu untuk mendigitalisasi dan  mengonlinekan produk-produk unggulan Indonesia untuk bersaing dipasar global.

RENCANA KERJA DAN ROAD MAP

Road Map Pesantren IT

Road Map Pesantren IT

1. Sosialisasi

Proses sosialisasi akan dilakukan oleh HIPSI ditingkat cabang yang dikordinasi oelh HIPSI Wialayah kepada pesantren-pesantren potensial di daerah melalui kunjungan silaturohmi dan Seminar.

2. Seleksi Penerimaan Santri

Penerimaan santri baru akan dilakukan seleksi melalui tes tulis dan wanwancara untuk mengetahui minat dan bakat santri serta harus memeliki alat yaitu laptop.

3. Edukasi dan Pelatihan

Program pelatihan di PE-IT akan dibuat sesuai dengan kebutuhan pasar global meliputi : Internet Maketing, Media Online, Design Grafis, Game Edukasi, Maintenance Hardware dll.

4. Praktek dan Pedampingan

Santri yang sudah mendapatkan ilmu secara teori didorong untuk produktif menciptakan sebuah karya yang selanjutnya dikembangkan menjadi layanan bisnis yang dapat menghasilkan pendapatan bagi santri.

5. Penyaluran dan Kerjasama

Santri yang sudah memiliki keahlian dan layanan bisnis difasilitasi untuk mendapatkan mitra bisnis, pemasaran dan permodalan.

 

GEDUNG PESANTREN ENTREPRENEUR IT DAN MEDIA ONLINE (PE-IT)

Tempat atau gedung Pesantren Entrepreneur IT dan Media Online, dengan Fasilitas :

–       Rumah atau Gedung yang representative di lokasi strategis dengan kapaitas 30 santri. Bisa berstatus sewa atau dipinjami oleh Anggota HIPSI tetapi sarana dan prasaranya ditingkatkan.

–       Memiliki ruang khusus untuk pelatihan, meeting, kantor, lobi tamu, kamar tidur, dapur dan kamar mandi.

–       Fasilitas Internet, Listrik, Laundry dan parkir

–       Ruang displai produk unggulan anggota HIPSI (super mini market)

–       Café Santri Cyber Community sebagai pusat diskusi bisnis dan dakwah

 

PROGRAM PENDIDIKAN DAN PELATIHAN PE-IT

Pendidikan dan pelatihan di PE-IT didesain sesuai dengan perkembangan teknologi terbaru dan kebutuhan dunia bisnis global.

Diadakan GRATIS  untuk Santri Fresh Graduate dan berbayar bagi yang sudah memiliki usaha dan pekerjaan.

Target untuk  setiap pelatihan adalah 30 santri per angkatan selama 2 minggu-1 bln/angkatan.

Program Pelatihan yang akan dibuka PE-IT sbb :

  1. Internet Marketing (SEO, Blogging school, Web, Sosial Media, etc)
  2. Design Grafis dan Pencetakan Digital
  3. Service Laptop dan Printer
  4. Membuat Aplikasi Game Edukasi dan Bisnis IT Kreatif
  5. Media Da’wah Islam NU

Santri Cyber Community (SCC)

Untuk menunjang PE-IT, HIPSI berencana membentuk sayap baru squad force dibidang cyber media terutama untuk kebutuhan bisnis online, SEO, sosial media dan persiapan ekspansi usaha ke globar market serta untuk menyebarkan spirit islam ramah. SCC ini akan menjadi sayap komunitas HIPSi bidang IT dimasing-masing Kabupaten.

 

LOKASI PESANTREN ENTREPRENEUR IT HIPSI

  1. Perumahan Pondok Mutiara Exit Tol Sidoarjo (Rumah 2 lt + Masjid sebelahnya) 1 Desember 2014
  2. Perumahan Dosen UIN Malang (Gedung 2 lt, Jln Sunan Ampel / Wisma Al-Yasini) 1 januari 2015
  3. Pesantren Audah Putri, Griya Kebun Jaya Pasuruan 1 Februari 2015
  4. Perumahan Deket UIN Syarief H, Ciputat jakarta 1 April 2015

Semoga Allah Meridhoi setiap langkah kita, Amien

 

hipsi@point336x180

Leave a Reply

You must be logged in to post a comment.

HIPSI
Ruko Tapaan Business Center
Jl. Ir Juanda Km 1 Pasuruan, Jatim
Phone 0343-7781083 / 085850313882
Copyright © 2013
Clean
Last scanned on:
2015-01-19 02:40:27
UA-39409742-1