HIPSI
Home » Profil HIPSI » Program Kerja 2014

Program Kerja Pengurus Pusat HIPSI 2014

Ketua 1 HIPSI  Bidang Organisasi  dan Pengkaderan 

  • Mengembangkan keberadaan organisasi, merencanakan pengembangan anggota (recruitment) serta mengoptimalkan keutuhan Anggota
  • Membuat sistem data base keanggotaan HIPSI dan HIPSI Member Card berkolaborasi dengan Perbankkan Syariah
  • Memberikan informasi setiap ada kegiatan atau event kepada  seluruh anggota
  • Membuat Kurikulum Pengkaderan HIPSI dan Media Kaderisasi (Audio CD, Buku, E-book, pertemuan, Web, dll)
  • Ada 5000 member Card ID Aktif (akhir 2014)
  • Optimalisasi HIPSI Jatim, Jateng, Jabar, DKI, DIY, Banten, Kalimantan, Sumatera, (Total 60 Kota Kab/kota sampai 2014)

Ketua  II Bidang Pendidikan  Wirausaha & Pembinaan Usaha Pemula   

  • ROADSHOW Entrepreneur 100 Pesantren Se Indonesia.
  • Program HIPSI RadioPraneur bekerjasama dengan 10 Radio di Jawa untuk Syiar Santripreneur (Radio Warna pasuruan, Suara Muslim Surabaya, dll
  • Mengadakan Berbagai Pelatihan Teknis untuk para Anggota (Manajemen, Keuangan, Pemasaran, Packaging, dll)
  • Melakukan pendidikan kaderisasi kepemimpinan untuk meningkatkan kualitas SDM anggota
  • Bersama HIPSI Campus Menjalin kerjasama dengan UIN untuk membentuk Entrepreneur Center (UIN Malang, UIN Sby, UIN Jogja) menjaring setidaknya 5.000 Mahasiswa

Ketua  III Bidang Usaha, Koperasi & UKM (Logistik)

  • Pembentukan Koperasi HIPSI dan membentuk suatu usaha yang dapat memberikan keuntungan/kesejahteraan  terhadap anggota maupun organisasi
  • Bertanggung jawab untuk  unit usaha Fried Chicken yang bekerjasama dengan So Tasty (SGF), tahap awal membuka 20 outlet (2014)
  • Kapitalisasi Anggota dengan terbentuknya sinergi bisnis antar anggota
  • Membentuk Jaringan pemasaran bersama dengan mengangkat produk unggulan masing-masing daerah, bisa lewat strategy prival label, dll

Ketua  IV Bidang IT, Publikasi dan Media

  • Sosialisasi dan membangun brand awareness HIPSI: Lewat Website www.hipsi.or.id, Sosial Media, Membuat VCD HIPSI(liputan usaha, talkshow & seminar)
  • Memberikan informasi atas kegiatan  HIPSI yang akan dan telah dilaksanakan kepada anggota maupun kepada masyarakat.
  • Pelatihan IT dan Internet Marketing bekerjasama dengan PT Telkom Seluruah Jawa Timur , DIY dan sebagian Jateng
  • Bersinergy dengan PT. Finnet, DIKA, dalam menyedia PBOB dan E-Commerce/Toko Online
  • Membangun Jejaring & Database Pesantren lewat www.Jibaspesantren.net
  • Mengkoordinir pelayanan informasi organisasi melalui penerbitan internal, kegiatan kehumasan organisasi

 

Ketua  V Bidang Industri Kreatif dan Seni      

  • Membangun relasi dengan industri pertelevisi-an  dalam rangka membuat bersama untuk meningkatkan brand awairness HIPSI.
  • Merencanakan dan melaksanakan upaya untuk pengembangan usaha di sektor Industri Kreatif, perfilman, musik, dll.
  • Merencanakan pengembangan kerjasama antara usaha anggota di Pusat dan Daerah dalam kerangka memanfaatkan peluang usaha di sektor Pariwisata
  • Membuat TV Program tentang Entrepreneur dengan JTV dan TV9

 

Ketua  VI Bidang Kerjasama Luar     

  • Mengembangkan kerjasama dengan dunia usaha  & CSR perusahaan (CT Foundation, Bank Mandiri, Sampoerna, Gudang Garam, Pocare, dll)
  • Membangun Network Nasional (PBNU, MRUF, LPDB, Diknas, ILO, Kadin, Dekopin, Kementrian terkait)
  • Menjalin kemitraan dengan Pemerintah Daerah & Pusat untuk bersama2 menggalakkan spirit wirausaha dan mengurangi pengangguran
  • Mengembangkan berbagai Sinergy  untuk memperkenalkan/mempromosikan   produksi rekan-rekan HIPSI melalui berbagai event  pameran perdagangan.
  • Merencanakan kerjasama dengan pihak sponsor dan donatur partisipan dalam setiap pelaksanaan kegiatan.

Ketua  VII Bidang Hubungan Pesantren   & Sosial Kemasyarakatan

  • Bersama Bidang Pendidikan Wirausaha, melakukan ROADSHOW Entrepreneur 100 Pesantren Se Indonesia.
  • Membangun jejaring ekonomi antar pesantren dan mendorong transfer knowledge sharing.
  • Membuat kurikulum pendidikan pesantren berbasis kemandirian ekonomi
  • Menggalang Program Pemerintah dan CSR Perusahaan untuk membantu kemandirian ekonomi pesantren melalui berbagai usaha agribisnis, retail mart, dll

Ketua  VIII Bidang Perdagangan & Perindustrian :

  • Membuat produk unggulan HIPSI yang dipasarkan secara nasional Misalnya bubuk Kopi, Aneka Saos dan Kecup,  aneka oleh2 kripik, minuman sari apel, dll
  • Menyiapkan data base informasi usaha, untuk mendukung pengembangan usaha anggota.
  • Merencanakan dan menyiapkan pengembangan lembaga pendanaan di luar perbankan dalam menanggulangi kesulitan permodalan usaha anggota
  • Mendorong anggota untuk mengikut i kegiatan pameran bersama dengan Dinas Koperasi terkait

 

Ketua IX   Bidang Pertanian & Peternakan :

  • Merencanakan dan melaksanakan upaya untuk pelatihan dan  pengembangan usaha di sektor pertanian, peternakan dan industri olahan
  • Membuat terobosan update informasi terkait tekhnologi pakan, pupuk, dan pengolahan hasil pertanian
  • Menjembatani pemasaran untuk produk-produk pertanian dan peternakan anggota.

 

Ketua  X   Bidang Property dan Kontruksi :

  • Merencanakan dan melaksanakan upaya untuk membangkitkan usaha di sektor konstruksi, rancang bangun dan real estate terutama di kalangan anggota.
  • Berperan aktif dalam membantu program-program pemerintah terkait dengan pengadaan infrastruktur dan property
  • Mengadakan pelatihan tentang usaha property untuk anggota

 

Ketua  XI  Bidang Pemberdayaan Wanita :

  • Merencanakan dan melaksanakan upaya untuk berbagai pelatihan dan pengembangan usaha khususnya anggota wanita HIPSI
  • Mengembangkan keberadaan organisasi, merencanakan pengembangan anggota (recruitment) untuk memperkuat anggota wanita HIPSI
  • Pro-aktif melaksanakan berbagai pelatihan softskill/ketrampilan wirausaha di santriwati berbagai pondok pesantren.

Ketua XI  Bidang HIPSI Campus Cordinator :

  • Bersama Bidang Wirausaha Menjalin kerjasama dengan UIN untuk membentuk Entrepreneur Center (UIN Malang, UIN Sby, UIN Jogja) menjaring setidaknya 5.000 Mahasiswa
  • Membentuk dan melatih HIPSI Muda di setiap kampus untuk membentuk jaringan pengusaha pemula di kampus-kampus (Unair, UNIPDU, ITS, UGM, Amikom Jogja)
  • Mengembangkan keberadaan organisasi, merencanakan pengembangan anggota (recruitment) serta mengoptimalkan keutuhan Anggota
  • Menyasar Kampus-kampus Negeri (non UIN) dan Swasta

 Ketua XII Bidang Penelitian dan Pengembangan :

  • Secara rutin melaksanakan kajian terhadap perkembangan kebijakan nasional yang berkaitan dengan dunia ekonomi, Perbankan, Investasi, dan keuangan syariah.
  • Memberi masukan terhadap pengurus harian terkait isu-isu strategis yang perlu ditindak lanjuti dan disikapi.
  • Membuat trobosan-trobosan terkait model pemberdayaan masyarakat dibidang ekonomi

Usaha Otonom HIPSI

> Toko NU
> HIPSI Akademi Kuliner
> Koperasi HIPSI
> Jasa Layanan Hosting
> Makanan Exprezz
HIPSI
Ruko Tapaan Business Center
Jl. Ir Juanda Km 1 Pasuruan, Jatim
Phone 0343-7781083 / 085850313882
Copyright © 2013