logo

Surat untuk (Yang Ingin Jadi) Pengusaha

Dear Founder,

Mengapa kamu ingin melakukan ini? Saya harap ini bukan karena itu hal yang keren untuk dilakukan ... mudah untuk menjadi seorang wirausahawan, tetapi jauh lebih sulit untuk menjadi seorang pengusaha yang sukses.

Sekarang ini, sepertinya semua orang ingin menjadi pengusaha. Orang-orang menjadi terpikat dengan gagasan mengejar hasrat mereka sendiri dan mengendalikan nasib mereka sendiri. Tetapi itu adalah gagasan romantis tentang apa yang sebenarnya terjadi.

Saya benci menjadi pembawa berita buruk, tetapi sebagian besar pengusaha gagal. Bukan hanya statistik yang menunjukkan hal ini kepada kita; itu juga akal sehat. Sangat sulit mengubah ide menjadi kenyataan, dan bahkan lebih sulit untuk mengubah realitas baru itu menjadi sesuatu yang sangat penting.

Tentu, kita tahu cerita pelarian - ide Hebat bernilai A++ yang muncul dari awal, seperti Facebook, Google, atau eBay. Faktanya adalah perusahaan-perusahaan ini sangat langka. Seringkali, dunia belum siap untuk ide baru, dan sebagian besar perusahaan tidak mendapatkan traksi. Pengusaha pemberani kembali ke papan gambar dan pivot, tetapi manuver itu tidak mewakili kenyataan sebagai startup. Sebagian besar perusahaan masuk ke ruang tengah (posisi aman), tetapi roda gila tidak berputar, dan anda tidak yakin apakah ide itu akan bisa scaling up (berkembang). Tempat tengah yang tidak nyaman ini adalah apa yang saya sebut "tweener", dan itu adalah tempat yang berbahaya.

Jadi, Anda masih tertarik untuk memulai sesuatu? Sejumlah pertanyaan untuk Anda:

Apa motifasi Anda?

Apakah Anda di sini untuk uang atau dampak / impact ? Anda harus tahu apa yang sebenarnya Anda kejar; jika tidak, Anda tidak akan pernah menemukannya.

Apakah Anda memiliki gagasan yang sangat Anda minati?

Pertanyaan ini mungkin yang paling penting. Jika Anda mengejar ide Anda, Anda mungkin akan bangun setiap pagi mulai dari dua sampai sepuluh tahun ke depan, menggembar-gemborkan nilainya tidak hanya kepada karyawan Anda, tetapi juga kepada pelanggan Anda, kepada teman-teman Anda, untuk keluarga Anda, dan kepada orang-orang penting Anda. Bahkan jika Anda adalah orang pertama yang menyadari konsep ini, entitas besar dan perusahaan baru akan cepat menyerang Anda. Ada ribuan peluang untuk bisnis baru - pilih yang tepat untuk Anda.

Apakah Anda memiliki seorang co-founder yang akan bergabung dengan Anda?

Jika tidak, sekarang saatnya mempertimbangkan bagaimana seorang mitra dapat membantu.

Apakah Anda memiliki tim yang tepat untuk mengambil ini?

Seringkali, tim-tim terbaik menghabiskan banyak waktu mereka bekerja bersama sebelumnya, melalui masa-masa baik dan buruk, dengan setiap anggota membawa sesuatu yang khas ke meja.

Apakah Anda merasa nyaman dengan risiko?

Jika Anda membutuhkan kepastian, menjadi pengusaha mungkin tidak akan membuat Anda sangat bahagia. Pada intinya, memulai sebuah perusahaan adalah usaha yang berisiko tinggi / bernilai tinggi.

Bisakah Anda hidup dengan penghasilan kecil selama bertahun-tahun?

Anda pasti tidak akan dibayar mahal pada awalnya. Sebagai contoh, seorang pengusaha yang bekerja dengan saya tidur di mobilnya ketika dia memulai perusahaannya.

Apakah Anda keberatan bekerja dengan cara yang lebih keras dari sebelumnya dan di bawah kondisi yang jauh lebih menekan?

Anda akan mengenakan lebih banyak topi dan memiliki tanggung jawab lebih dari yang pernah Anda miliki. Anda juga akan bertanggung jawab atas kesejahteraan tim Anda dan kepuasan pelanggan Anda.

Apakah Anda benar-benar ingin pergi selama bertahun-tahun tanpa manfaat besar, liburan panjang, keseimbangan kehidupan kerja, dll?

Tidak ada keseimbangan saat memulai startup.

Apakah Anda perlu validasi dari luar?

Jika Anda membutuhkan tepukan di belakang, Anda tidak dapat menjadi wirausahawan yang baik. Anda membutuhkan keyakinan dalam diri Anda; Anda tidak bisa bergantung pada orang lain untuk membuat Anda terus berjalan. Temukan kekuatan dalam gairah Anda untuk ide dan minat Anda dalam mengubah dunia.

Seberapa baik Anda menghadapi penolakan, dan seberapa banyak kesabaran yang Anda miliki untuk mengambil dan membuat sesuatu dari ketiadaan?

Ketahuilah bahwa keyakinan SANGAT diperlukan. Anda tidak akan mendapat apa-apa kecuali tekanan sepanjang hari, dari semua orang yang Anda temui - termasuk para investor, orang yang menggunakan produk atau layanan, orang yang mengujinya. Anda tidak boleh depresi ketika mendengar "tidak" atau ide Anda "bodoh." Sebaliknya, Anda harus terinspirasi olehnya.

 


Jika Anda dapat melewati semua keraguan dan keraguan saya dan masih mencoba untuk mencoba, inilah saran saya:

 

Pergi untuk itu!

Tidak ada yang lebih menyenangkan selain menciptakan sesuatu.

 

Jaga mata Anda terbuka lebar.

Tentukan jumlah waktu dan sumber daya yang Anda bersedia berkomitmen untuk proyek ini. Misalnya, “Saya akan mendanai diri sendiri hingga 100.000.000 dan menghabiskan enam bulan untuk menguji ide saya,” atau, “Saya akan berkomitmen pada ide / perusahaan ini selama lima tahun ke depan tanpa memikirkan hal lain. ”

 

Pastikan keluarga Anda mendukung risiko yang akan Anda ambil.

Akan ada banyak pengorbanan di sekelilingnya, dan semua orang perlu berada di kapal dan memahami jalan di depan. Jika tidak, Anda mungkin berakhir dengan lebih banyak rasa sakit dalam kehidupan pribadi Anda daripada yang Anda inginkan.

 

Maukah kamu memulai hal yang kamu tidak tahu?

Dapatkah Anda mulai mencoba melakukan ini saat Anda masih bekerja? Saya melakukan ini ketika saya membuat Webb Investment Network, dan pengalaman awal saya mendorong saya untuk bertransisi lebih cepat.

 

Setelah berkomitmen, masukkan semua energi Anda untuk membuat ini berhasil.

Ikrar fokus dan komitmen total. Membangun perusahaan adalah proposisi jangka panjang. Mengetahui bahwa Anda membuat komitmen selama satu dekade akan memberi Anda perspektif yang Anda perlukan untuk melewati masa-masa sulit.

 

Apakah sulit menjadi pengusaha? Benar. Tetapi itu juga menyenangkan (dan menakutkan pada waktu yang sama). Itu seperti merawat bayi. Anda senang dengan gagasan itu, tetapi ada saatnya ketika semuanya berubah menjadi kotoran dan Anda terus-menerus bangun di tengah malam. Anda akan lelah dan frustrasi, tetapi juga memenuhi apa pun yang Anda bayangkan.

 

Jika kedengarannya benar, Anda siap untuk menangani pasang surut menjadi seorang wirausahawan. Jika tidak, ini bukan saatnya Anda memiliki startup - bagaimanapun juga, tidak seperti seorang bayi, Anda tidak dapat menyewa pengasuh untuk melakukan pekerjaan untuk Anda.

 

Wish you all the best,

Maynard Webb

Founder, Webb Investment Network, board member at Salesforce and Visa, former chairman of the board at Yahoo!, and former CEO of LiveOps and COO of eBay.

 

Diterjemahkan secara bebas oleh sagung aditya

Sumber : Medium

Tags: surat, pengusaha,

Tinggalkan komentar disini